PENGELOLAAN TABEL
Pada bab ini akan dijelaskan mengenai membuat dan memodifikasi tabel, mengaktifkan formula untuk menyisipkan rumus sederhana. Melalui Penjelasan ini, Anda harus mampu:
5.1
Membuat
Tabel sesuai kebutuhan
5.2
Mengatur ketebalan garis, memberikan warna dan menggabungkan kolom dan
baris sehngga tampil menarik
Tabel adalah kumpulan dari beberapa baris dan kolom
yang membentuk kotak-kotak. tabel
biasanya digunakan untuk membuat daftar atau list dari sebuah barang atau nama.
Pada tutorial microsoft word kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat
tabel pada microsoft office word. Membuat tabel pada microsoft word memang
terbilang mudah, kita tinggal menentukan jumlah baris dan kolom sehingga
terbentuk kotak-kotak yang akan kita isi. Untuk membuat tabel pada microsoft
word ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Buka
program microsoft office word
2.
Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar kerja microsoft
word
3.
Klik
Insert pada menu bar
4.
Pada
kolom tables klik anak panah kebawah.
5. Anda bisa memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan dengan
mengeklik kotak-kotak.
6.
Atau anda
juga bisa memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak.
7.
Pada jendela insert table tentukan number of coloum dan number of
rows.
8.
Kemudian
klik OK
Jika anda sudah
membuat tabel dan ternyata jumlah baris pada tabel anda masih kurang, anda bisa
mengeklik tombol tab pada keyboard maka tabel akan bertambah secara otomatis
dibawahnya.
Mengatur
Garis Tabel Menggunakan Tombol Border
Pengaturan
dengan menggunakan tombol Border yang ada di grup Paragraph yang ada di ribbon
Home adalah yang paling sering digunakan. Secara default, garis border tabel
yang disediakan berwarna hitam (automatic). Untuk mengganti atau menghilangkan
border bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.
1.
Misalkan ingin mengelompokkan 5 buah baris/data dengan cara
menghilangkan garis datar (horizontal) yang menjadi pembatas baris
2.
Kita sorot / blok terlebih dahulu sel atau baris yang akan diatur
garis border nya.
3.
Kemudian klik ribbon Home
lalu pada grup Paragraph klik tombol
dropdown untuk Border .
4. Dari daftar tombol pengaturan garis yang disediakan, klik
tombol Inside
Horizontal Border .
5.
Garis
pembatas antar baris yang ada akan menghilang.
Pada
daftar pilihan border
ada 12 tombol
yang bisa digunakan
:
1.
Bottom border : garis pembatas / border bagian bawah
2.
Top Border : garis pembatas / border bagian atas
3.
Left Border : garis pembatas / border bagian kiri
4.
Right Border : garis pembatas / border bagian kanan
5.
No Border : tanpa garis pembatas/ border
6.
All Borders : semua garis pembatas (border)
7.
Outside Borders : semua garis pembatas / border bagian luar
8. Inside Borders : semua garis pembatas /
border bagian dalam (vertikal dan
horizontal)
9. Inside Horizontal Border : semua garis pembatas /
border bagian dalam yang horizontal
10. Inside Vertical Border : semua garis pembatas /
border bagian dalam yang vertikal
11. Diagonal Down Border : garis border diagonal yang
menurun (seperti backslash)
12. Diagonal Up Border : garis border diagonal yang
menaik (seperti slash atau garis
miring)
Mengatur
Garis Tabel Menggunakan Draw Borders
Mengatur tabel
dengan draw border merupakan alternatif yang dapat dipakai untuk mempercantik
tampilan tabel. kelebihan dari pengaturan garis dengan draw border adalah bisa
mengganti warna dan jenis garis border yang akan digunakan. Selain itu, melalui
fasilitas ini bisa melakukan perubahan secara visual langsung pada tabel
sehingga bisa langsung melihat baik buruknya perubahan yang terjadi.
1. Pertama-tama klik pada tabel yang akan diubah. Hal ini perlu dilakukan
untuk memunculkan ribbon Design pada
Table Tools .
2. Klik tab
ribbon Design.
3. Selanjutnya
klik tombol dropdown pada Line Style
4. Pilih jenis garis yang akan
digunakan pada tabel, misalkan pilih double
lines(garis ganda).
5. Kursor mouse akan berubah menjadi pensil
, mulailah menggambar garis pada tabel.
6. Tarik garis
dari kiri ke kanan atau klik dari kiri lalu drag ke arah kanan lalu lepaskan.
Garis tersebut akan berubah menjadi garis ganda (double). Saat proses
dilakukan, akan melihat garis yang ada pada tabel akan ditandai.
Mengatur Garis
Tabel Menggunakan Kotak
Dialog Border and
Shading
Cara ini sangat
efektif dan relatif cepat jika tabel yang akan kita atur bordernya memiliki
pola penggarisan tertentu, misalkan garis antar baris berupa garis putus-putus,
garis setelah kepala (header) tabel adalah garis double, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan dialog Border and shading berikut
ini.
1.
Pertama-tama pilih tabel yang akan di atur. Sorot / blok sel yang akan
diatur bordernya, misal untuk semua baris data (kecuali header).
2.
Setelah itu klik kanan pada area yang sudah di blok tadi. Pada popup
menu yang muncul klik Border and Shading
3. Pada dialog Border and shading , pilih tab Borders
4. Selanjutnya
pada bagian Setting pilih Custom
5. Pada
bagian Style pilih garis ganda
(double lines)
6. Lalu
pilih warna untuk garis tersebut, misalkan warna merah (red )
7. Lalu pada bagian Preview ,
klik tombol untuk border bagian atas, klik sampai muncul / menjadi garis ganda
berwarna merah.
8.
Selanjutnya
untuk membuat garis pembatas antar baris menjadi
putus-putus,
terlebih dahulu klik garis putus-putus yang ada di bagian Style
9.
Pastikan
bahwa warna garis tersebut adalah Automatic
atau hitam
10.
Kemudian klik tombol Horizontal bagian dalam sampai muncul garis
putus-putus
11.
Setelah
selesai, kik tombol OK .
12.
Border tabel anda akan berubah menjadi garis ganda berwarna merah pada border
setelah kepala (header) tabel, sedangkan garis antara baris akan menjadi garis
putus-putus
Formula pada
microsoft word adalah tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di
microsoft office word seperti halnya pada rumus yang sering digunakan pada
microsoft excel. Meskipun tidak sedetail seperti pada microsoft office excel
fungsi formula pada ms word sangat membantu pengguna dalam penghitungan yang
cepat dan akurat. Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel karena
memang diperuntukan untuk menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga
pada saat data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan
dengan data yang ada.
Untuk lebih
memahami penggunaan formula pada microsoft word, perhatikan gambar dibawah ini.
Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan formula pada ms word. Karena seperti hanlnya pada microsoft excel, membuat formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan dalam pembacaan cell pada kolom tersebut. Cell pada kolom adalah pertemuan baris dan kolom dimana rumus formula tersebut akan disisipkan.
Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan formula pada ms word. Karena seperti hanlnya pada microsoft excel, membuat formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan dalam pembacaan cell pada kolom tersebut. Cell pada kolom adalah pertemuan baris dan kolom dimana rumus formula tersebut akan disisipkan.
Untuk lebih jelasnya, ikuti contoh berikut ini
untuk membuat formula
pada microsoft word.
1.
Langkah
pertama buat tabel pada microsoft word
2.
Selanjutnya
isikan data sesuai dengan pada gambar berikut.
Maka akan muncul jendela
formula
3. Kemudian
letakkan kursor pada cell dimana rumus akan diisikan.
4. Selanjutnya klik layout pada menubar, kemudia pilih formula pada group
data.
6. Isikan rumus
atau formula pada menu formula, seperti halnya pada
contoh diatas kita akan
mengalikan antara 2 da 3. Yang harus kita
pahami adalah letak dari angka 2 dan
3. angka 2 terletak pada cell
sedangkan angka 3 terletak pada cell B2,
sehingga kita akan membuat
7.
Selanjutnya klik OK dan lihat hasilnya.
8. Untuk membuat rumus pada bagian bawahnya, yaitu perkalian antara
4
dan 5, maka kita juga harus memperhatikan letak cell
antara angka 4 dan angka 5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar